Cari Domain Gratis? Berikut Daftar Provider Penyedia Domain Gratis Terbaik!

Penyedia domain gratis terbaik

  Banyak orang mungkin tergiur untuk menggunakan domain gratis. Namun, perlu diperhatikan bahwa pada dasarnya, ada beberapa kekurangan yang akan didapatkan ketika kamu memakai domain gratis. Salah satu kekurangan itu adalah nama domainnya tidak terlalu populer. Berbeda halnya apabila menggunakan .com yang sangat populer dan memang harus membayar untuk mendapatkannya. Meski begitu, kamu tetap bisa, kok, memanfaatkan domain gratis, terutama para pemula yang hendak membangun  website pribadi. Lantas, apa saja penyedia domain gratis mumpuni yang wajib kamu manfaatkan? Berikut kami rangkum daftar provider penyedia domain gratis terbaik menurut kami.

1. Biz.ly

Domain gratis

Penyedia domain gratis satu ini dapat menjadi alternatif di dikala kamu lagi memerlukan domain yang ampuh buat web website- mu. Menurut PR Checker, Biz. ly menyediakan domain gratis yang sangat pendek dengan domain. biz. ly yang berarti bisnis. Dengan menggunakan Biz. ly, hingga nama web kamu akan menjadi“ www. sitename. biz. ly”. Biz. ly sendiri sudah menyediakan layanan domain gratis semenjak tahun 2002. Layanan mereka terbilang lumayan sederhana, sehingga dapat digunakan untuk kamu yang masih pendatang baru.

2. Dot.cf

Website ini menyediakan fasilitas domain gratis seumur hidup untuk mempermudah penggunanya dalam membangun sebuah blog/website, banyak sekali orang yang menggunakan situs ini, maka dari itu kalian tidak usah ragu lagi dengan situs yang satu ini.

3. My.ga

Domain gratis .ga

Domain dengan berakhiran .ga memang sudah tidak asing lagi di telinga kita karena domain .ga sudah banyak sekali yang menggunakanya termasuk blog pribadi maupun blog mp3. Domain dengan berakhiran .ga ini sangat cocok untuk blog yang membahas mengenai makanan maupun keindahan alam.

4. Dot.tk

Dot.tk merupakan sebuah perusahaan yang berbasis di pulau Tokelau, sama seperti halnya Freenom, dan menyediakan domain gratis dengan ekstensi .tk. Nantinya, ketika kamu mendaftarkan domain di Dot.tk, nama ekstensi domain yang ada di website akan menjadi “www.sitename.tk”. Dot.tk sendiri telah menyediakan domain .tk gratis sejak tahun 2001 silam. Akan tetapi, seperti yang sudah dijelaskan di atas, domain gratis memiliki beberapa kekurangan. Sebagai contoh, Dot.tk memiliki server yang kinerjanya cukup lambat.

Baca Juga:  Cara Memperbaiki Bugs pada Template Median UI v1.5

5. Freenom.com

Domain gratis freenom

Freenom merupakan sebuah situs yang sudah banyak sekali yang menggunakanya, selain tersedia domain gratis freenom juga menyediakan domain berbayar. Apabila domain yang kamu gunakan masuk kategori spesial maka kamu tidak dapat menggunakanya, tetapi apabila domain kamu tidak masuk kategori spesial maka kamu dapat menggunakanya secara gratis. dan satu lagi bila kalian ingin menggunakan domain di freenom kalian harus menggunakan VPN terlebih dahulu.

6. Domino.qq

Dominio adalah sebuah situs yang menyediakan fasilitas domain gratis yang dapat kalian coba. Nama domain yang tersedia di situs ini adalah yang berakhiran .gq, memang domain dengan berakhiran .gq masih jarang terdengar di telinga kita. Namun jika kalian membutuhkan domain .gq maka kamu dapat menggunkanya di situs ini.

7. TMD Hosting

Menurut Build This, TMD Hosting merupakan salah satu industri penyedia domain gratis veteran. Pembekal domain satu ini unggul dalam hal kecepatan, keandalan, dan yang keamanan. Tak hanya menyediakan domain gratis, TMD Hosting juga menyediakan beberapa paket hosting yang bisa kamu gunakan untuk website-mu.

Domain gratis TMD

Harga paket bersama di TMD Hosting mulai dari angka Rp42,071/bulan. Tidak ada salahnya, lho, untuk membeli hosting demi keamanan website-mu.

8. Freesubdomain.org

Freesubdomain merupakan sebuah situs penyedia domain gratis dengan akhiran nama domain yang banyak, banyak sekali fasilitas yang ditawarkan oleh situs yang satu ini, bila kamu sedang membutuhkan domain gratis silahkan kunjungi situsnya di atas. Nah itulah ulasan dari catatanpenulis jadi bagaimana apakah kalian sudah bisa memilih mana yang akan digunakan, tetapi saran dari saya gunakanlah nama domain yang sesuai dengan niche kalian agar kelihatan lebih berkualitas.

9. Biz.nf

Situs penyedia domain berikutnya adalah Biz.Nf, situs penyedia domain yang satu ini memang jarang sekali yang menggunkanya mungkin karena terlalu ribet menggunakanya, tetapi jika kalian ingin memggunakanya kalian bisa langsung saja ke websitenya.

Baca Juga:  5 Blogging Inovatif Untuk Ide Bisnis Dijamin Beresonansi Dengan Pembaca

10. Point.ml

Domain gratis Point.ml

Situs penyedia domain gratis selanjutnya adalah point.ml, point adalah sebuah sebuah situs yang menyediakan domain gratis seumur hidup dengan nama domain yang berakhiran .ml walaupun gratis tetapi tetap jangan sampai di salah gunakan.

11. Freedomain.pro

Yang kedua kali ini tidak jauh berbeda dengan penyedia domain di atas website, freedomain juga menyediakan fasilitas domain gratis seumur hidup, mungkin diantara kalian belum banyak yang mengetahui freedomain ini karena freedomain ini belum banyak yang menggunakanya, jika kamu ingin menggunakanya kalian langsung saja cek nama domain pada situs freedomain dan ikuti petunjuknya.

12. Eu.org

domain gratis eu.org

“EU.org, penyedia nama domain gratis sejak 1996”. eu.org adalah nama domain di bawah organisasi Uni Eropa. EU adalah singkatan dari Uni Eropa. Paul Mockapetris membuat server DNS untuk nama domain ini dari September hingga Oktober 1996. Sekarang semua dapat dengan gratis untuk mendaftar baik individu maupun organisasi.

Domain eu.org sebenarnya termasuk dalam domain TLD, namun karena terdiri dari dua kata, jadi terlihat seperti subdomain. dan banyak yang mengatakan bahwa ini merupakan subdomain, bukan domain TLD. Banyak orang Indonesia yang membuat blog dengan menggunakan domain Eu.org.

Kelebihan Menggunakan Domain Gratis

  • Tanpa perlu membayar (gratis), tetapi beberapa ada yang perlu membayar biaya perpanjangan untuk domain yang dibeli
  • Cocok untuk yang hobi spam, karena jika di block tinggal bikin lagi
  • Mudah didapatkan tanpa perlu syarat identitas, dll

Kekurangan Menggunakan Domain Gratis

  • Beberapa provider tidak memberikan domain tersebut secara gratis setelah masa aktif setahun habis
  • Ekstensi yang diberikan kurang menarik
  • Harga perpanjangan setelah masa gratis satu tahun terkadang sangat mahal
  • Rawan terkena banned
  • Tidak profesional
Baca Juga:  Menghasilkan Pendapatan di Website dengan Perencanaan yang Baik

Apakah Bagus Jika Menggunakan Domain Gratis?

Menurut kami bagus saja jika menggunakan domain gratis dimata mesin pencarian (search engine), antara domain berbayar dengan domain gratisan tidak ada bedanya. Namun dimata orang domain gratisan sering dipandang buruk, serta banyak masayrakat yang hanya mengetahui domain .com.

Mau memakai domain berbayar atau gratisan itu terserah Anda, yang terpenting adalah dipergunakan dengan baik dan lakukan optimasi sebaik mungkin agar mendapat pandangan bagus dimata mesin pencarian (search engine).

Penutup

Sekian, artikel daftar provider penyedia domain gratis. Semoga artikel ini dapat membantu Anda yang sedang mencari domain gratis, baik untuk keperluan bikin website ataupun blog.

Gunakan Jasa Kami: Jasa Penulis Artikel SEO

 

Tinggalkan komentar