Cara Mengubah Nama dan Foto pada Gmail Melalui Android

https://imfahmi.web.id/2021/08/cara-mengubah-nama-pada-gmail.html


  Gmail merupakan salah satu platform email yang paling banyak digunakan oleh para pengguna internet di seluruh dunia. Kemudahan akses ke berbagai fitur dan aplikasi Google, seperti YouTube, dan lain sebagainya membuat Gmail jadi kian digemari. Gmail terutama banyak digunakan oleh pengguna smartphone Android. Layanan email yang diciptakan oleh perusahaan Google ini juga memberikan berbagai kemudahan bagi Anda yang mengakses Gmail lewat hp. Termasuk, Anda jadi lebih mudah dalam mengganti nama atau menambahkan informasi tambahan pada akun Gmail. Berikut adalah cara mengganti nama Gmail di hp Android.

Cara Mengubah Nama Nama Gmail Melalui Hp Android

  1. Buka opsi “Setting” atau “Setelan”, atau cari tombol ikon roda pada perangkat smartphone Anda
  2. Setelah itu, klik “Google”, dan pilih opsi “Kelola Akun Google Anda”
  3. Selanjutnya, pada bagian atas klik “Info Pribadi”
  4. Pada laman tersebut, cari bagian “Profil” dan pilih “Edit”. Jika Anda belum login ke akun Gmail, maka akan ada permintaan untuk melakukan login terlebih dulu
  5. Sesudah login, masukkan username yang Anda inginkan. Setelah itu, klik “Selesai”
  6. Perubahan yang Anda buat akan tersimpan dan terpampang secara otomatis.

Cara Menambahkan atau Mengganti Foto Profil Gmail

  1. Pada smartphone Anda, buka opsi “Setting” atau “Setelan”
  2. Selanjutnya, klik “Google”, dan pilih opsi “Kelola Akun Google Anda”. Tekan opsi “Info Pribadi”
  3. Pada laman “Profil” Anda, ketuk opsi “Foto”. Jika belum login ke akun Gmail, Anda akan diminta untuk memasukkan email dan password
  4. Setelah masuk ke dalam akun Gmail, barulah Anda bisa mengganti foto profil. Klik opsi “Tetapkan Foto Profil”. Selanjutnya, Anda hanya perlu memilih foto yang diinginkan. Anda juga akan diminta untuk memusatkan sudut dari foto yang diinginkan pada kotak yang tersedia
  5. Klik “Setuju” untuk menyimpan dan menampilkan foto profil Gmail tersebut.
Baca Juga:  Indonesia menargetkan kapasitas pembangkit surya yang lebih besar pada tahun 2030 di bawah rencana baru

Cara Mengubah Info Pribadi pada Akun

  1. Buka opsi “Setting” atau “Setelan”, atau ikon roda pada perangkat hp Anda
  2. Selanjutnya, klik “Google” dan “Kelola Akun Google Anda”
  3. Cari kolom “Info Pribadi” pada bagian atas
  4. Setelah itu, ketuk bagian informasi pada “Profil” atau “Info Kontak” yang ingin Anda ubah 
  5. Masukkan informasi yang ingin Anda tambahkan atau rubah.

Selain itu, ternyata masih banyak lagi kelebihan Gmail. Apa saja? Yuk, simak ulasan berikut!

Kelebihan Menggunakan Gmail

1. Gmail tidak memiliki masa kedaluwarsa

Tidak seperti akun email Yahoo yang akan terhapus otomatis jika sudah tidak dibuka selama 4 bulan, Gmail tidak mengenal kata kedaluwarsa, alias berlaku selamanya. Gmail akan masih dapat kamu akses meskipun bertahun-tahun sudah tidak pernah kamu buka. Tentu saja kamu harus masih memiliki aksesnya.

2. Satu akun untuk semua

Kelebihan yang satu ini adalah yang paling menjadi favorit pengguna. Kita tidak perlu lagi repot-repot membuat banyak akun untuk menikmati layanan-layanan yang diberikan oleh Google. Misalnya seperti Google Drive, Youtube, Blogger, Google+, dan bahkan banyak akun-akun anggota website sekarang yang sudah bisa otomatis langsung memilih untuk masuk dengan akun Google.

3. Login ke beberapa akun dalam waktu yang sama

Meskipun beberapa waktu lalu fitur ini bermasalah, tapi saat ini sudah diperbaiki. Google memperkenankan kita untuk login beberapa akun pada saat yang sama tanpa harus log out akun lainnya. Hal ini sangat bermanfaat untuk kamu yang memiliki banyak bisnis atau urusan dengan banyak email. Biasanya fitur ini sangat berguna bagi orang-orang yang bekerja sebagai administrasi perkantoran karena ia harus memegang banyak email sekaligus.

4. Kapasitas penyimpanan cukup besar

Yang luar biasa dari Google tentu adalah kapasitas penyimpanan emailnya. Google secara cuma-cuma memberi ruang penyimpanan sebesar 15 GB. Jika kamu merasa masih kurang dengan kapasitas tersebut, kamu bisa menambah kapasitas yang lebih besar, yakni 100 GB hanya dengan membayar kira-kita $1,99 per bulan.

5. Dapat menggunakan email lain di Gmail

Bagi kamu yang memiliki website pribadi atau instansi, pasti kamu memiliki email dengan server web tersebut. Misalnya kamu memiliki web bernama belajar.com, kamu bisa membuat email dengan server seperti [email protected] Nah, kamu pasti bingung bagaimana cara membuka pesan-pesan di email tersebut.

Kelebihan Gmail salah satunya adalah dapat memasukkan email lain agar sinkron di Gmail kita. Jadi semua pesan yang masuk di email @belajar tadi, bisa kamu buka di Gmail. Kamu juga bisa menulis pesan dengan nama @belajar tadi melalui Gmail.

6. Dapat melihat lampiran secara langsung

Fitur lain dari Gmail tentu adalah kemungkinan kita untuk melihat file seperti gambar, pdf, office tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu atau harus keluar. Kita bisa melihatnya langsung di badan email.

7. Gmail untuk seluler

Sekarang hampir semua ponsel kita terkoneksi menggunakan Gmail. Bagaimana tidak, Android dengan jumlah pengguna terbesar mewajibkan penggunaan akun Gmail.

8. Berbagi lebih banyak dengan Drive

Kamu bisa berbagi Drive dengan teman-temanmu sehingga kamu tidak perlu repot-repot transfer file bolak-balik saat mengerjakan sesuatu bersama.

9. Gmail bisa dilabeli sehingga lebih rapi

Kamu bisa merapikan isi Gmailmu dengan cara melabelinya berdasarkan jenis-jenis pesan.

10. Tidak perlu refresh

Ketika ada e-mail baru maka secara otomatis dapat langsung masuk dan dapat kamu baca.

11. Anti spam terbaik di dunia

Gmail menerapkan sistem pengamanan yang sangat baik. Terbukti dengan email yang masuk ke kotak masuk kamu akan ditolak bila tidak memiliki SSL. Email tersebut akan diarahkan ke kategori spam. SSL (Secure Socket Layer) adalah protokol kriptografi penyedia alur komunikasi yang aman di internet.,

Tinggalkan komentar