6 Cara Atasi Memori Internal Handphone Penuh

 

  Pernahkah Anda menerima notifikasi “ruang penyimpanan hampir habis”? Jika pernah pasti Anda merasa sangat jengkel dengan adanya notifikasi tersebut. Ya, notifikasi tersebut memberitahukan bahwa penyimpanan internal pada handphone Anda telah penuh dalam artian tidak memadai untuk menyimpan file baru.

Untuk mengatasi memori internal handphone pada umunya orang menambahkan microSD eksternal pada perangkat mereka. Namun jika microSD tersebut telah penuh juga, apa yang harus dilakukan?

Nah ada beberapa cara yang dapat dilakukan dalam mengatasi ruang penyimpanan yang hampir habis pada handphone. Untuk mengatasi hal tersebut simaklah artikel 6 cara atasi memori internal handphone penuh berikut ini.

6 cara atasi memori internal handphone penuh

1. Hapus aplikasi yang sudah tidak digunakan

Dalam beberapa kasus sering ditemui dimana orang cenderung tidak memperhatikan aplikasi apa saja yang terinstall dalam handphonenya. Dampaknya banyak aplikasi yang tidak dibutuhkan tetapi masih disimpan dalam handphone tersebut. Aplikasi yang berlebihan dapat menyebabkan penumpukan data dan dapat menambah pemakaian RAM handpehone tersebut.

Maka dari itu install lah aplikasi sesuai dengan apa yang Anda butuhkan. Jika terasa sudah tidak dibutuhkan maka segera hapus agar tidak terjadi penumpukan data yang dapat menyebabkan penyimpanan internal penuh.

2. Rutin membersihkan cache

Didalam penggunaan aplikasi tentu saja terdapat cache yang tersimpan dalam aplikasi tersebut. Cache aplikasi adalah suatu data sementara yang terdapat dalam aplikasi yang ada pada perangkat untuk membantu Anda mengakses aplikasi tersebut secara lebih cepat.

Cache yang tersimpan secara berlebihan dapat membuat penumpukan data dalam penyimpanan internal. Beberapa orang seringkali tidak memperhatikan cache yang menumpuk, bahkan ada yang menumpuk hingga ber giga2.

3. Menyimpan beberapa file ke dalam cloud

Menyimpan file ke dalam cloud merupakan salah satu cara dalam menghemat penyimpanan dalam perangkat Anda. Untuk file penting yang sekiranya akan digunakan lagi untuk kedepannya, ada baiknya jika disimpan dalam cloud untuk meminimalisir penggunaan penyimpanan memori internal Anda.Ada beberapa cloud yang dapat diakses secara gratis seperti google drive, mega, mediafire, icedrive, dan masih banyak lagi. Namun yang gratis tentu saja memiliki batasan pada layanan yang diberikan.

Baca Juga:  Ponsel Terbaru: Vivo X80 Hadir dengan Layar Lipat dan Kamera yang Menawan

4. Menggunakan memori eksternal

Menggunakan memori eksternal merupakan salah satu langkah dalam menanggulangi penyimpanan internal jika penuh. Dengan adanya memori ekternal (microSD), Anda dapat dengan mudah memindahkan data dari penyimpanan internal ke eksternal tanpa harus ribet. Pada era sekarang banyak varian microSD yang dapat menampung data hingga ratusan GB bahkan 1TB.

5. Hindari penggunaan aplikasi pembersih

Dalam menggunakan handphone hindarilah penggunaan aplikasi pembersih/cleaner. Kebanyakan kasus aplikasi pembersih seperti itu cenderung memakan RAM cukup banyak dan dapat memakan peyimpanan internal yang begitu besar. Sampah yang dihasilkan oleh aplikasi pembersih cukuplah besar bahkan terkadang mencapai beberapa GB.

6. Backup atau pindahkan file besar ke desktop

Rajinlah dalam melakukan pencadangan (BackUp) file pada perangkat Anda. Anda dapat membackup file yang dirasa terlalu besar dengan memindahkannya ke dalam desktop (pc/laptop). Setelah di BackUp Anda dapat dengan bebas untuk menghapus file pada handphone yang telah dipindahkan ke desktop untuk mengurangi besarnya data yang tersimpan dalam penyimpanan internal handphone Anda.

Tinggalkan komentar