Qualcom Mengalami Kekurangan Pasokan Chip Global di Tahun 2021

  Saham Qualcomm naik lebih dari 3% dalam perdagangan yang diperpanjang pada hari Rabu setelah pembuat chip melaporkan pendapatan kuartal fiskal ketiga yang melebihi perkiraan analis dan menawarkan perkiraan yang kuat untuk kuartal keempat.

Begini cara perusahaan melakukannya:

  • EPS: $1,92 per saham, disesuaikan, vs $1,68 per saham seperti yang diharapkan oleh para analis, menurut Refinitiv.
  • Pendapatan: $8,00 miliar, disesuaikan, vs $7,58 miliar seperti yang diharapkan oleh analis, menurut Refinitiv.

Pendapatan Qualcomm naik 63% dari periode yang sama tahun lalu, dan pendapatan per saham meningkat lebih dari dua kali lipat setiap tahun pada kuartal yang berakhir pada 27 Juni.

Namun, itu adalah perbandingan dengan kuartal di mana Qualcomm melihat lebih sedikit permintaan untuk chip dan teknologinya di tengah Pandemi covid19. Qualcomm memandu investor ke titik tengah penjualan $8,8 miliar pada kuartal saat ini dan EPS sekitar $2,25 per saham.

Sebagian besar pertumbuhan didorong oleh penjualan chip. Bisnis semikonduktor QCT Qualcomm melaporkan pendapatan $6,47 miliar, meningkat 70% setiap tahun. Penjualan chip handset merupakan bagian terbesar dari bisnis itu, meskipun itu juga merupakan komponen yang tumbuh paling lambat. Front-end RF adalah segmen QCT yang tumbuh paling cepat, naik 114% per tahun menjadi $957 juta dalam penjualan. Chip front-end RF adalah bagian penting dari 5G.

CEO Qualcomm Cristiano Amon, yang mengambil alih pada 1 Juli, telah memprioritaskan pertumbuhan bisnis front-end RF perusahaan, yang memberi perusahaan komponen penting untuk dijual kepada pembuat handset yang mungkin ingin mengembangkan modem 5G mereka sendiri.

Bisnis IoT Qualcomm, bagian dari QCT, yang terdiri dari chip berdaya rendah untuk membuat perangkat lain menjadi pintar serta penggunaan jaringan dan industri, tumbuh 83% menjadi hampir $1,4 miliar.

Perusahaan ini merupakan salah satu pemasok utama suku cadang dan kekayaan intelektual untuk handset dan jaringan 5G yang saat ini sedang dibangun. Ini akan diuntungkan dari permintaan telepon yang meningkat di seluruh dunia saat ekonomi dibuka kembali. Perusahaan mengharapkan jumlah smartphone yang dikirim oleh pelanggannya akan tumbuh “satu digit tinggi” pada tahun 2021, setelah menurun 11% tahun lalu selama pandemi, dan antara 450 juta dan 550 juta smartphone 5G akan dikirimkan tahun ini.

Baca Juga:  6 Cara Atasi Memori Internal Handphone Penuh

Segmen Lisensi Teknologi Qualcomm yang menguntungkan perusahaan, yang mencakup pendapatan dari paten 5G dan teknologi handset lainnya, naik 43% menjadi $ 1,49 miliar. QTL adalah bisnis dengan margin lebih tinggi daripada penjualan chip Qualcomm.

Pengamat industri memperhatikan bagaimana Qualcomm mengatasi kekurangan chip global. Perusahaan tidak memproduksi chip sendiri. Ini memiliki hubungan dengan sebagian besar pengecoran utama di seluruh dunia, termasuk TSMC dan Samsung. Intel mengatakan awal pekan ini bahwa Qualcomm akan menjadi pelanggan untuk pengecoran barunya juga.

Dalam sebuah pernyataan, Qualcomm mengatakan berada di jalur yang tepat untuk meningkatkan pasokan chip pada akhir 2021 dan sedang berupaya untuk mendapatkan kapasitas pabrik tambahan untuk prosesor dan chip kelas atas yang menggunakan proses manufaktur yang lebih lama, yang sering disebut “node matang.”

Pada kuartal yang berakhir pada bulan Juni, Qualcomm membayar dividen $767 juta dan membeli kembali $630 juta sahamnya.

Tinggalkan komentar