Bisnis Sampingan Guru Honorer Hingga PNS Modal Kecil

  Guru adalah sebuah profesi yang paling mulia karena berperan untuk mencerdaskan anak-anak bangsa. Namun meski tugasnya mulia, gaji seorang guru tidaklah besar, apalagi bagi seorang honorer. Hal tersebut memaksa mereka untuk mencari pekerjaan sampingan lain. Nah, jika anda juga merasakan hal demikian, berikut ini adalah beberapa jenis bisnis sampingan guru yang bisa di jalankan dengan modal kecil.

A. Buka les privat sesuai kemampuan

Seorang guru tentu memiliki keahlian khusus di bidang yang diajarkannya. Kemampuan ini bisa di jadikan sebagai ladang uang dengan mengajar di luar sekolah yaitu dengan membuka tempat les sesuai dengan materi yang di kuasai.

B. Buka jasa tulis artikel

Sebagai seorang guru, menulis tentu bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Salah satu profesi yang tepat untuk dijalani sebagai seorang guru adalah dengan membuka jasa tulis artikel. Hal ini bisa menjadi pintu untuk mengasah kemampuan menulis dan mencari uang dengan mudah.

C. Menjadi seorang blogger

Menjadi seorang blogger adalah salah satu peluang bisnis sampingan guru yang paling bagus. Karena dengan menjadi seorang blogger guru bisa menyampaikan banyak ilmu di blognya. Tentu dia sendiri bisa menulis sesuai dengan materi pembelajaran yang dia pahami agar lebih mudah dalam membuat kontennya.

D. Buka tempat curhat Online

Ini mungkin terdengar aneh, namun tahukah anda bahwa hal ini cukup bagus untuk profesi seorang guru. Di sekolah biasanya ada banyak guru yang selalu jadi tempat curhatan anak didiknya. Hal ini karena guru memiliki insting pemberi solusi.

E. Menjadi seorang transleter

Jika anda merupakan seorang guru bahasa asing, maka menjadi seorang transleter adalah bisnis yang bagus untuk anda coba. Bahkan bayaran untuk seorang transleter terbilang cukup tinggi ketimbang profesi yang lainnya.

Baca Juga:  Kenapa harus mencari nilai x pada matematika

F. Jadi web developer

Bisnis sampingan guru sebagai web developer ini sangat cocok sekali di jalani oleh guru TIK yang notabene lulusan informatika yang paham dengan baik dunia program dan website. Namun tidak menutupi kemungkinan jika guru lainpun ingin mencobanya. Karena sekarang ada banyak CMS (Content Management System) yang bisa di manfaatkan dengan baik untuk membuat web.

Tinggalkan komentar